2 Okt 2009

ANALISA STRUKTUR


Analisa Struktur Wantilan, dengan konstruksi beton

MUDAHNYA MENGHITUNG STRUKTUR
Oleh : Nyoman Upadhana

Ketika belum mengenal program computer untuk struktur, kira-kira tahun 1988, saya membayangkan bagaimana susahnya menghitung struktur gedung 10 lantai. Yang ada dalam pikiran adalah menghitung manual dengan menyederhanakan gedung menjadi portal 2 dimensi. Padahal sebenarnya CSI (di Amerika sana) sudah sejak tahun 60an mengembangkan program struktur, salah satunya SAP (Structural Analysis Program).

Program SAP yang saya kenal pertama adalah SAP80 pada sekitar 1989, yang bisa dijalankan pada computer XT. Yang mengenalkan adalah kakak kelas melalui himpunan mahasiswa sipil ITS yang dengan sukarela memberi kursus gratis di kampus. Cara input datanya cukup rumit, tidak seperti SAP2000 yang semuanya bisa dijalankan dengan klik mouse. Karena saya mendapat ilmu SAP secara gratis, maka pada tahun 1991 saya mengenalkan secara gratis dan sukarela juga program SAP90 kepada teman-teman di Bali. Ketika itu banyak mahasiswa Bali yang tertarik, bahkan ada yang datang ke tempat kos saya di Surabaya untuk mendapatkan buku/manualnya.

Dengan perkembangan IT yang begitu menakjubkan, maka saat ini belajar SAP adalah sesuatu yang gampang. Namanya sekarang adalah SAP2000 yang sudah terintegrasi dengan program Windows. Didalam program SAP2000 sudah disediakan manual dan prinsip-prinsip perhitungan dalam format PDF. Bagi yang susah mengerti dalam bahasa Inggris, bisa ke toko buku dan mencari buku cara praktis belajar SAP2000 langsung aplikasi, bukan teori. Jangan membayangkan susah sebelum mencobanya. Bagi mahasiswa teknik sipil seharusnya lebih cepat familiar dengan program ini, karena sudah menguasai prinsip dasar hitungan struktur dan pembebanan.

Ayo, tunggu apalagi? Belajar SAP bagi sarjana teknik sipil merupakan suatu keharusan, karena tidak mungkin mau menghitung struktur dengan cara manual. Yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan program bajakan……
Mau belajar lebih lanjut? Kunjungi alamat ini http://www.kursus-sap2000.com/

1 komentar: